Kembangin Bakat Menulismu Lewat 7 Cara Ini






1. Jangan Malu Pamer Karya

Banyak orang suka menulis, dan banyak juga yang malu sama karyanya sendiri, kalau gitu kapan berkembangnya? Mulai saat ini, kalau merasa punya kemampuan menulis jangan cuma disimpan sendiri, orang lain juga berhak berkomentar atas karyamu agar kamu bisa maju menjadi lebih baik. Malu itu kalau kamu melakukan hal yang tidak memiliki faedah dan cenderung memberikan efek negatif, nah kalau pamer karya, kenapa harus malu? 


2. Jadilah Seorang Blogger

Jaman sekarang, menjadi blogger adalah hal yang biasa, bahkan orang awam yang mungkin tak suka menulis bisa memiliki blog, maka dari itu banyak yang ikut-ikutan bikin blog dan akhirnya blognya menjadi sarang laba-laba. Kalau saya pribadi, menulis di blog sejak berumur 10 tahun dan niat awalnya hanya iseng. Di saat teman-teman saya mendaftar facebook dan berbagai akun sosial media yang sedang booming pada jaman saya SD, saya yang kala itu sedang menggebu-gebunya untuk menulis malah tertarik mendaftar menjadi seorang blogger. 

Bagi saya, menulis di blog sangat menyenangkan. Kita bisa memamerkan karya kita dan siapapun dapat membaca juga berkomentar, nah kalau lagi suka-sukanya menulis, jangan ragu daftar menjadi blogger dan meningkatkan kemampuan disana, siapa tahu ada penerbit yang tertarik dengan konten kamu dan menyuruhmu menjadikannya buku, seperti Kevin Anggara! Maklum, saya salahsatu fansnya sih hehe.

2 kunci menjadi blogger, jangan malu dan terus konsisten.


3. Sering Menulis Quotes

Jangan anggap remeh mereka yang suka menulis kata-kata mutiara, mereka bukan berlebihan dalam menyikapi sesuatu atau berusaha menjadi seorang yang puitis, namun menulis kata-kata mutiara adalah hal yang biasa bagi seorang penyuka bahasa dan kata-kata. Dari kecil saya sering menuliskan kata-kata indah atau quotes di sebuah buku agenda milik pemberian ayah saya, tak jarang teman-teman pun membacanya dan ada yang mencatatnya kembali di buku atau telepon genggam masing-masing. Rasanya bangga, tulisan yang dianggap remeh dan tidak penting bagi sebagian orang itu, dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman saya sendiri. 

Eits, tapi quotesnya jangan cuma disimpen di buku atau sebatas ditulis di memo handphone aja ya, sekali-kali dijadikan caption instagram boleh tuh! Biar banyak yang tahu kalau kamu jago dalam merangkai kata *wush.

4.  Punya Buku Catatan


Dulu saat pertama berkenalan dengan dunia tulis menulis, benda bersejarah pertama yang membuat saya ketagihan menulis adalah buku diary. Ya walau terkesan alay (tapi emang dulu masih alay sih), namun menulis catatan pribadi di sebuah buku terasa menyenangkan, melepas penat lewat tulisan membuat pikiran menjadi tenang. Semua pengalaman berkesan saat itu, saya tumpahkan lewat buku diary yang saya buat dari buku tulis dan disampul kertas bufalo berwarna hijau muda. Mungkin tak ada yang istimewa di mata orang lain, namun buku itu bagi saya menjadi saksi bisu semua kisah dalam hidup. Sayangnya, buku usang itu saya bakar karena saat itu saya berpikir takut terbaca oleh ibu saya hehehe. 

Bagi kamu yang suka menulis, jangan ragu untuk mencurahkan semua ide tulisanmu ke dalam buku catatan. Meskih kata orang udah ngga jaman, tapi menurut saya, memiliki sebuah kemampuan tanpa mengasahnya, jangan harap dapat berkembang menjadi lebih baik.


5. Sering Ikut Lomba

Sosial media kini telah memudahkan manusia dalam mencari dan mendapatkan informasi terbaru, begitu juga dengan info-info lomba. Saya sering sekali mendapat informasi mengenai lomba menulis artikel, essay, karya ilmiah, cerita pendek hingga puisi, sayangnya tugas sekolah betul-betul menyita banyak waktu, belum lagi harus membagi waktu dengan mencuci pakaian dan lain sebagainya. Memang ya, menata masa depan lebih penting daripada mengembangkan hobi sih, tapi saya juga pengen ikutan lomba :(


6. Sharing dengan Mereka yang Memiliki Hobi Sama

Hingga saat ini, yang membuat saya selalu bersemangat untuk menulis di blog adalah dorongan dari hasil sharing dengan teman-teman yang memiliki hobi sama dengan saya. Dalam sharing, kami tidak saling merasa benar, benar-benar berbagi ilmu dan cerita, serta saling meingatkan bila salah. Meskih memiliki hobi yang sama, bukan berarti kami sepemikiran, ya, terkadang rasanya sulit untuk menyatukan pendapat, namun darisanalah  kami selalu belajar diskusi bersama apa yang terbaik untuk kedepannya.

Jangan mengurung dan menutup diri, 
jadilah seseorang yang open minded agar orang lain nyaman berdiskusi denganmu. 


7. Gabung Komunitas

Sudah banyak komunitas untuk mereka yang suka menulis, atau bahkan menulis di blog, contohnya adalah Warung Blogger, disana kita bisa saling sharing dan blog walking alias jalan-jalan di blog orang bahasa kasarnya hehe. Walaupun belum menjadi seorang blogger, setidaknya kegiatan ini bisa menjadi tolak ukur kemampuan menulis kita, blog yang kamu jelajahi tentunya harus sesuai dengan gaya menulis kamu ya!


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer