5 Tanda Kamu Belum Siap Sukses


Di usia yang beranjak 17 tahun ini, sukses seakan menjadi hal yang paling gue prioristaskan saat ini. Belajar-berdoa-berusaha seakan telah menjadi siklus dan aktivitas wajib yang dilakoni selama 3 tahun di SMK kini. Kadang bosen sih, datang pagi, pulang maghrib, belajar lagi, tidur nanti, tapi setidaknya kalau gagal nantinya gue tidak memulai semua usaha dari nol. 





Merencanakan sukses adalah hal yang penting, kita tidak bisa hidup hanya mengikuti alur seperti air. 


"Kalau mau hasil yang terbaik, maka rencanakan yang paling baik."  
-erika, gadis 16 tahun yang cita-citanya jadi motivator kondang.


Banyak orang yang mengingkan sukses, tapi kebanyakan hanya wacana yang akhirnya tidak terlaksana. Namanya juga manusia, hasil terkadang lebih dihargai ketimbang proses. Nah, bagi kamu yang udah semangat untuk mencapai kesuksesan tapi terkadang hilang semangat, baca 5 hal di bawah ini yang mengindikasi kalau kamu belum siap untuk sukses.




1. Masih Sering Menunda Tugas

Bagi gue tugas rumah adalah hal yang menyenangkan, kita bisa mengeksplorasi lebih banyak ilmu dari pelajaran yang didapat di sekolah, tentunya bikin lebih banyak ngerti. Sayangnya gue adalah manusia biasa yang sama seperti siswa lainnya, ketika tugas dirasa berat biasanya males ngerjain dan saat males makin banyak tugas baru yang datang dan akhirnya menumpuk. Yang ditabung mah pahala, bukan tugas er hehe. 




Ciri orang sukses adalah cepat bertindak karena ia mengerti bahwa waktu sangat berharga, jadi semakin menunda pekerjaan artinya semakin membuang waktu yang seharusnya bisa diisi dengan hal yang lebih bermanfaat.


2. Susah Sedikit, Putus Asa

Hayo ngaku, siapa yang diputusin pacar langsung galau atau kerjain ulangan matematika yang susah udah mau nyebur sumur? Kalau iya, tandanya mental kamu belum siap untuk sukses. 


"Suksesnya seseorang tidak diukur dari apa yang telah 
ia raih tapi apa saja yang telah ia hadapi."  



Kesuksesan bukan menghampiri orang-orang yang kuat, namun orang-orang yang kuat pada akhirnya akan menghampiri kesuksesan dengan sendirinya. Jadi, bangun semangat kalian dengan membayangkan nikmatnya menikmati kesuksesan di masa mendatang.


3. Bingung Mau Jadi Apa?

Sebagian temen gue selalu bingung ketika gue tanya selepas lulus SMK mau jadi apa, mereka selalu menjawab "ya, pokoknya kerja." Jawaban itu seakan menunjukkan bahwa mereka masih belum merencanakan masa depan, dalam proses perencanaan masa depan, kalian pasti akan dapat banyak komentar negatif, misalnya :

"Masa depan ngapain direncanain, dijalanin lah."

"Ntar kalau udah waktunya pasti tau mau kerja apa." atau

"Yaelah ngapain dibahas sekarang, pokonya ntar ngga pengangguran kan beres."




Namanya juga manusia, kita yang menjalankan orang lain yang berkomentar. Mau ngga mau kita harus menerima semua komentar orang yang baik maupun tidak. Proses sukses tak semulus paha personil JKT48, rencanakan sukses kalian dengan matang. Kalau kesandung kerikil-kerikil halus di tengah proses, anggap saja sebagai kejutan kecil selama kalian mengejar impian.


4. Terlalu Cepat Puas

Terlalu cepat puas adalah hal yang manusiawi, tapi jangan anggap remeh hal yang satu ini. Sukses ngga semudah mencari sensasi seperti awkarin atau membuat skandal seperti artis-artis ternama, maka dari itu teruslah mengeksplor kemampuan. Orang yang tidak cepat puas akan terus menambah ilmunya sehingga itu menjadi nilai tambah dalam dirinya. 

Maka dari itu, jangan kaget kalau orang sukses pengetahuannya luas, bukan karena pintar namun karena ia tidak cepat puas dengan apa yang telah ia dapatkan.



5. Belum Punya Tabungan

Jangan anggap enteng tabungan, orang yang punya tabungan itu terkesan hidupnya teratur lo. Coba kalau ngga teratur, mana bisa rutin menabung? Fungsi tabungan sebenarnya adalah untuk jaga-jaga kalau misalnya kita sedang membutuhkan budget untuk hal-hal penting, buka usaha misalnya. 

Yuk, biasakan nabung sedari sekarang, itung-itung sekalian nyicil modal buat nikah hehe. 





Komentar

Postingan Populer