5 Momen Yang Ditunggu Saat Lebaran




Lebaran adalah momen yang paling ditunggu oleh semua umat Islam. Sebelum lebaran, setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari lamanya. Sama seperti filosofi hidup, kita harus berusaha untuk mendapat sebuah kenikmatan atau sesuatu yang kita inginkan. Ya, dalam kata lain lebaran memiliki kenikmatan tersendiri, seakan ada kekuatan dahsyat dalam momen tersebut. Kok bisa?

Yang jahat jadi baik, yang males ibadah jadi rajin sholawatan, termasuk yang kangen mantan bisa modus dengan minta maaf lewat sms. Intinya, semua mendapat hidayah di hari yang di hari yang fitri ini. Bagi sebagian orang, termasuk kaum kangen mantan dan kaum yang haus angpau, ada beberapa alasan mengapa mereka menunggu lebaran. 

Apa aja sih?

-

1.  Bertemu Aneka 
     Macam Jajan

Saat kecil, gue paling senang kalau jalan-jalan ke rumah saudara atau tetangga dan menemukan toples kongguan. Tau kan, jajan yang gambar toplesnya menjadi misteri karena sang ayah tidak ada dalam foto keluarga tersebut. Namun, gue tidak ingin membahas misteri toples kongguan, melainkan pengalaman menantikan beraneka jajan suguhan saat lebaran. 

Jujur aja, wafer kongguan yang dibungkus plastik selalu menjadi sasaran karena entah mengapa si wafer ini memiliki kenikmatan tersendiri. Beberapa tahun kemudian, ada inovasi baru yakni menjadikan kongguan sebagai pengganti toples jajan tradisional, seperti opak atau rengginang. Mungkin ngga cuma gue, penikmat wafer kongguan yang mungkin seusia dengan gue, merasa kecewa dengan adanya inovasi ini. Tapi emang sih, kongguan sekarang mahal lo hehehe.

2. Menambah Pundi-Pundi Rupiah di Tabungan

Anak kecil terkadang munafik, dikasih uang ditolak sehingga mau ngga mau yang nerima adalah orangtuanya, em.. atau emang mereka belum ngerti ya? Gue pernah kecil, pernah merasakan menolak mentah-mentah angpau lebaran dengan wajah songong, seakan ingin bilang 'aku ngga minta kok'. Bukan gengsi, tapi emang masih bingung apa gunanya uang saat itu, toh walaupun udah dapet angpau tapi kalau jajan es krim masih minta emak. 

Beranjak remaja, gue mulai menyesal dengan penolakan angpau lebaran yang telah gue lakukan saat kecil, karena gue ngerti semakin bertambah usia seseorang maka semakin berkurang jatah angpau lebarannya.  - Erika, 16 tahun. Biasanya yang menjadi sasaran adalah tante atau om kita dengan kisaran umur 25-30 an yang memiliki penghasilan tetap dan belum punya anak, berhubung belum punya anak, merekapun membagikan sebagian kecil rejekinya kepada para keponakannya. Ya, kalau adik lu banyak, wajiblah bersyukur, siapa tahu bisa kecipratan jatah ehehe.



Siapa tahu habis lebaran bisa jadi modal jualan tahu bulat.

 
3. Bagi Mereka Yang Kangen Mantan

Bagi mereka yang punya mantan, hati-hati dengan penipuan berkedok permintaan maaf yang dilakukan oleh mantan. Biasanya mantan akan bilang kalau dia minta maaf dengan kata-kata yang membuatmu luluh dan akhirnya sms-an deh. Eits, jangan sampe kena jebakan, siapa tahu dia melakukan hal yang sama kepada para mantannya. 

Kalau dia serius, dia akan meminta maaf kepada kamu dan kedua orangtuamu, jangan mau dikasih harapan yang ngga pasti, toh yang serius masih banyak yang ngantri. Jangan keburu-buru merespon sms mantan yang ujungnya minta balikan, siapa tau aja kamu ketemu jodoh saat lebaran.


4. Siapa Tahu Ketemu Jodoh

Jodoh emang ngga bisa ditebak, bisa aja kita berjodoh dengan orang asing yang pernah membantu kita atau jodoh kamu adalah anak dari sahabat kedua orangtua kita, bukan dijodohin lo maksudnya tapi ketemu jodoh lewat ayah ibu. Asek. 

Saat lebaran selalu ada aja hal yang tidak terduga, seperti dapat angpau dengan nominal angka 0 sama dengan jumlah anak-anak bebek (eh bebek sekali bertelur berapa sih?), atau ketemu jodoh. Banyak kemungkinan antara kamu, jodoh dan momen lebaran. 

Perempuan yang baik untuk lelaki yang baik. Siapa tau jodoh kamu adalah seseorang yang memiliki hubungan dekat dengan keluargamu. Siapa tahu jodoh kamu adalah anak dari seorang ibu yang kamu pesan kue keringnya untuk suguhan lebaran. Siapa tahu jodoh kamu adalah pemilik toko baju dimana kamu membeli baju barumu. Atau siapa tahu jodoh kamu adalah tetanggamu sendiri yang berkunjung ke rumah saat lebaran. 

Siapa tahu berawal lebaran jadi acara lamaran. :) 
 
5. Mudik

Mudik adalah salahsatu tradisi orang Indonesia yang selalu dilakukan saat lebaran, karena setahu gue ngga ada negara lain yang memiliki tradisi ini, atau mungkin namanya aja yang beda ya. Inget, mudik bukan udik. 

Mudik in Indonesia ig going to hometown. 


Ya, dari statistik terdapat beberapa pembaca dari Amerika yang membaca blog gue, jadi sekalian gue kasih penjelasan apa itu mudik. Atau jangan-jangan cuma orang Indonesia yang tinggal disana dan membaca blog gue ya hehe. Kembali bahas mudik, menurut gue mudik adalah hal yang wajar namun barang bawaan saat mudik bisa dibilang tidak wajar. Bahkan beberapa orang membawa barang untuk pulang kampung melebihi orang yang akan berangkat Umroh. Itu pulang kampung atau jualan di kampungnya ya?



Gambaran mudik di Indonesia.  
Jadi ini mau mudik apa mau pindahan rumah?

 

Komentar

Postingan Populer