Tips Biar Postingan Kamu Di Urutan Pertama Search Engine!


Setiap blogger pasti menginginkan postingannya berada di urutan pertama dalam daftar mesin pencari, seperti google atau yahoo. Bukan hal yang mudah untuk mencapai hal tersebut, pasalnya banyak postingan lain yang tentunya jauh lebih bagus daripada postingan kita. 

Hari ini, seperti biasanya gue mengecek statistik blog ini. Statistik bagi gue adalah camilan sehari-hari, kalau meningkat, nikmatnya sama kaya makan camilan, bikin nagih walaupun kenyang (yang gue maksud bikin nagih untuk menambah postingan biar viewers makin banyak). Tapi bukan berarti kalau statistik menurun, gue menelannya mentah-mentah ya, semangat blogging bukan hanya saat jumlah kunjungan blog bertambah saja, namun dalam kondisi apapun harus tetap berkarya. *sok bijak*

Lalu gue penasaran dengan postingan 5 Ciri-Ciri Gebetan Php yang dari masa publikasinya hingga sekarang, telah menembus 5932 viewers. Masih tergolong cupu sih untuk blogger yang sudah profesional, tapi bagi gue hal tersebut sudah menjadi sebuah pencapaian yang baik karena diantara 108 postingan lainnya, postingan tersebut lah yang paling sering dibaca. Nggak tahu apa penyebabnya, entah karena banyak remaja di Indonesia yang terkena virus g4 -lau alias galau atau faktor lain, yang pasti jadi urutan pertama di seacrh engine google!


YIPPI! (bukan yuppi)



Yang bikin gue seneng, nggak cuma  berada di urutan pertama tetapi juga mengalahkan beberapa postingan para penulis buku terkenal, seperti dara prayoga, kevin anggara, alitt susanto, bahkan beberapa situs web ternama seperti detikcinta.com atau kompasiana.com

Gimana nggak seneng coba >.< (emoticon sok imut jaman sd). Bukannya alay, cuma nggak nyangka aja blog abal-abal yang usianya masih seumur (bijinya) jagung ini berhasil ada di peringkat pertama mesin pencari google dengan kata kunci ciri gebetan php. 



"Emang gimana sih caranya biar kayak gitu, er?"


Sebelum kita membahasnya lebih jauh, yuk baca dulu biar tahu faktor-faktor apa saja yang memengaruhi sebuah postingan untuk bisa berada di urutan pertama search engine. Check this out!


1. Buat Kualitas Postingan Semenarik Mungkin

Seorang blogger dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk mengembangkan konten maupun design dari blognya. Masing-masing blogger memiliki identitas yang membuatnya berbeda antara satu sama lain, identitas tersebut dapat berupa template atau gaya bahasa yang digunakan. 

Contohnya gue, sebagai blogger, gue tidak ingin hanya sekedar ikut-ikutan membuat blog lalu menulis disana dan kelar. Kalau seperti itu, apa yang spesial dari menulis di blog? Sebelum memustuskan untuk blogging kembali setelah vakum empat tahun lamanya, gue benar-benar mencari tahu tentang blog seperti apa yang akan dibuat dan gaya bahasa mana yang akan digunakan. Mulai dari fashion hingga blog berisi makanan, gue kunjungi namun tidak ada yang membuat sreg atau ini passion saya. Hingga akhirnya bertemulah gue dengan blog miliki penulis, Raditya Dika, yang sukses menginspirasi gue dan mantap dalam membuat blog. 



ya kan?


Sedikit mengulas tentang identitas dari diarilogue.blogspot.com :

Template blog yang gue pilih adalah template asli blogger.com dengan background berwarna putih, karena latar putih tidak membuat mata lelah apabila ingin berlama-lama membaca blog gue (hehehe, ge-er), dan gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa anak gaul jaman sekarang, karena gue pikir akan lebih mudah dicerna dan belum banyak blogger seusia gue yang menggunakan bahasa lo gue. 

Fyi, gue mendirikan (oke, kita ganti membuat) blog ini pada tahun 2014 alias 2 tahun yang lalu, dan sekarang 2016 banyak remaja yang isi blognya bertemakan kehidupan anak muda, termasuk temen-temen gue yang ikut buat blog setelah baca blog ini (yang nggak jelas ini). Secara keseluruhan, isi blog gue memang random namun benang merah dari semua itu adalah anak muda yang menceritakan pengalaman aneh bin absurd dalam kehidupan sehari-harinya.


2. Jangan Malu Untuk Promosi

Nggak cuma jualan aja, blog juga perlu promosi. Kalau promosi jualan bertujuan mencari pembeli, sementara promosi blog memiliki tujuan menambah viewers. Promosi bukan berarti mengemis orang agar mau mengunjungi blog kita, melainkan mengajak orang untuk mengunjunginya. 

Promosi yang sedang gencar dilakukan oleh para blogger di beberapa komunitas blogger adalah dengan mencatumkan : judul postingan beserta linknya

Biasanya para anggota komunitas juga mention username komunitas tersebut, misalnya :



salahsatu promosi yang gue lakukan di twitter



Admin akun komunitas tersebut akan me-retweet tweet kamu dan masuk deh di timeline akun @jambanblogger, dengan begitu followers @jambanblogger akan mengunjungi postingan kamu.


3. Daftarkan Ke Search Engine

Postingannya yang memiliki banyak pembaca, akan lebih mudah untuk mencapai peringkat pertama ini. Ya, walaupun terkadang google dengan sendirinya menangkap postingan yang banyak dibaca dalam daftar pencarian untuk berada di urutan pertama, kita juga bisa mendaftarkan situs ke dalam ke beberapa aplikasi yang mempermudah postingan kita ke dalam seacrh engine, salah satunya adalah www.submitexpress.com.


Ini adalah tampilan awal dari websitenya :


________________________________________________________________________________


Jangan lupa ikut komunitas blogger untuk menambah teman sesama blogger, jadi nggak hanya dapet temen tapi bisa sekalian promosi hehehe. Pesan gue, jangan blogging hanya untuk ikut-ikutan dan semata-mata ingin mendapat urutan pertama di google atau semacamnya, namun kenali dulu passion kaian. Kalau sudah begitu, dijamin blogging jadi enjoy deh. ^-^ (emoticon sok cute ala jepang)

Komentar

  1. Baru tahu yg tips terakhir mengenai website submit express, meluncur kesana langsung ah. Btw, udah ikutan lomba blog dari Paybill.id? Kalo liat hadiahnya menarik2 lah lumayan hehe ini linknya kalo mau ikut http://bit.ly/SatuBlogPaybill

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung dicoba tuh hehe, makasih juga atas info lombanya :)

      Hapus
  2. waduuh keren, boleh dong diajarin.
    kebanyakan orang ngikut buat blog cuman buat pajangan ya, banyak yang gak konsisten wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, termasuk aku juga masih belajar konsisten hehe

      Hapus
  3. bisa dengan cara edit html di google buat memperbagus SEO gan :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer