Pak, Anak Anda Divonis ...


Ini pengalaman gue saat gue sedang merasakan sakit yang katanya lebih sakit dari sakit hati, oleh karena itu beberapa orang beragumen bahwa "lebih baik sakit hati, ketimbang sakit gigi".


Gue akan menceritakan pengalaman gue seputar sikat gigi, eh sakit gigi maksudnya. Fyi, ini cerita udah lama, kalau gasalah niya pas gue kelas 4 SD atau 5 (itupun kalo bener). Awalnya gue sempet ragu buat ngeshare pengalaman gue yang super-bodoh ini, tapi asal kalian tau barusan aja gue potek haha (malah curhat). Gue abis sakit hati nih hihi, udah ah no curhat. Jadi gue ragu karena sebenernya takut nyepam aja karena mungkin bagi readers ini nggak guna. hm *ngelus dada*. Tapi pas abis baca bukunya bang Dika yang Babi Ngesot dengan bab "Ketekku Bertahanlah..." gue jadi yakin seyakin-yakinnya. Gue nggak sendiri. Ternyata ada orang bodoh juga yang menceritakan kebodohannya. 
nb: sori kalo intinya sama, namanya masih belajar.

**

Cerita ini bermula saat gue ngerasain gusi gue sakit. "tumben-tumbennya nih". Perasaan aneh mulai bermunculan di fikiran gue, dari gusi gue bengkak, gusi gue mau berdarah, atau mungkin gusi gue baru digigit kucing persia tetangga yang kemarin gagal dikebiri dan akhirnya gusi gue bengkak hingga mengalami pendarahan. Karena nggak mau berfikiran yang negatif dulu, akhirnya gue berfikir postif aja, gue ngelakuin aktivitas seperti biasanya dan perlahan sakit itu mulai hilang. Gue seumur-umur nggak pernah ngerasain sakit gigi separah ini, dan mungkin saat itulah gue berfikir bahwa itulah first time gue sakit gigi. Dugaan ini masih belum tidak jelas kebenarannya, hingga akhirnya gue nggak bisa nahan rasa sakit itu. 

Berbagai usaha gue lakukan agar bisa sembuh, misalnya:

- gue sumpel tuh gusi pake tisu
- minum diapet, eh salah minum vitamin c dan obat sakit gigi
- sampe jedotin pala gue ke tembok kamar sambil pukul pipi kiri pake palu tetangga
  (jangan hiraukan kalimat yang ketiga)

Ternyata cara-cara itu hanya berefek sementara, layaknya artis yang lagi pake ekstasi demi kebahagiaannya yang nggak bertahan lama dan pasti bakalan nagih. Nah, tapi masa iya gue harus minum obat sakit gigi terus, iya kalo sakit gigi kalo nggak gimana nih? Akhirnya, gue minta bokap buat nganterin ke dokter gigi, entah sih gue sakit gigi apa engga. Yang gue takutin saat itu adalah gimana kalo gue divonis kena penyakit getah bening tapi gue malah berada di dokter yang salah, 


"maaf, pak, anak anda divonis...." kata dokternya setengah gagap sambil pegangin asistennya
"iyaa, pak? anak saya sakit apa ya, pak?" bokap gue malah gagap sepenuhnya (lah?)
"saya juga tidak tahu, pak. ini penyakitnya bukan di bagian mulut. jadi saya bingung"
*krik krik*


Itulah yang gue takutin pertama. Kedua, gue takut kalo dikasih obat banyak dan sakit gigi gue ternyata parah. Bisa bolak-balik kesini nih, bolak-baliknya sih nggak apa-apa tapi bayar dokternya? Dan tiba saatnya gue diperiksa si dokter, "buka mulutnya" mulut gue pun terbuka selebar-lebarnya. Si dokter sempat ngebedah mulut gue lumayan lama sampe mulut gue bak padang pasir yang ngga pernah dapet ujan. Kering. Setelah mulut gue di pecah belah sama si dokter, saatnya gue turun dan menantikan hasilnya. Entahah mengapa, bayangan gue jadi kenyataan. Si dokter sempet gagap, sementara gue uda panik muter-muter ngelilingin dokternya kaya suku indian ketemu pemburu dari spesies manusia modern. Panik. Nyeremin. (yang masalah muter-muter anggep aja itu angin lewat)

Jantung gue berdegup semakin lama semakin kencang. Kita sempet diem-dieman, si dokter nggantungin harapan ke gue. Sakit dok *nunjuk hati*
Dalam hati gue bilang "plis, dok, jangan kasih harapan ke saya. saya butuh kepastian akan penjelasan anda yang sebenarnya! tolong jangan gantungkan saya!"    hurt.

Sebenernya ini yang goblok gue sama bokap apa dokter sama asistennya sih, gue rasa dokternya pake telepati deh. Nyebelin banget. Akhirnya setelah dokternya nulis-nulis nggak jelas di kertas, mulutnya pun terbuka dua senti. Gue mulai tersenyum, akhirnya dia mulai memberi kepastian. Detik itu. Perlahan, ia mulai mengucapkan kata demi kata.


"iya, pak. ini rupanya anak anda....." 
*tunggu setelah iklan-iklan berikut ini*

Enggak ding, gue bercanda.
Dokter pun terus berbicara tanpa gue tahu intinya. Dan tiba-tiba ia bilang.


"jadi ananda erika ini sedang sariwan, pak" 
*ehem* gue berdehem, masih belum sadar sama apa yang si dokter ucapkan

dan setelah beberapa detik diem, gue baru sadar.
Jleb. Oh tidak. Dosa apa yang telah kuperbuat Ya Allah?

Jauh-jauh kesini, bela-belain absen bimbel, nggak minum es selama si gusi ngambek, maksain bokap biar mriksain nih gusi. Vonisnya ternyata sesingkat itu, semurahan itukah penyakit gue? Tapi kedengarannya elegan lahya, gue sariawan aja dibawa ke dokter gigi, gimana kalo sakit pinggang, mungkin gue akan dibawa ke dokter kandungan, eh maksudnya dokter tulang. Tapi tetep aja, si dokter bilang "50ribu, pak". Jelas aja dokter-dokter pada makmur. Udah cuman sariawan kena Rp 50.000, pada saat itu jumlah segitu sudah termasuk 'gede'. Ya, mungkin cukup sudah untuk beli sepaket A&W sama minumnya.







Komentar

Postingan Populer